Senin, 21 Oktober 2013

Telehealth dalam Ilmu Keperawatan

Pengertian Telehealth
         Telehealth adalah pemberian layanan dan informasi melalui teknologi telekomunikasi yang berhubungan dengan kesehatan . Telehealth bisa sesederhana dua profesional kesehatan membahas kasus melalui telepon atau canggih seperti melakukan operasi robot antara fasilitas di ujung yang berbeda dari dunia . Telehealth merupakan perluasan dari telemedicine , dan tidak seperti telemedicine (yang lebih sempit berfokus pada aspek kuratif ) itu meliputi aspek pencegahan , promotif dan kuratif . Awalnya digunakan untuk menggambarkan fungsi administratif atau pendidikan yang berkaitan dengan telemedicine , telehealth hari ini menekankan segudang solusi teknologi . Sebagai contoh, dokter menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pasien , resep obat ketertiban dan memberikan pelayanan kesehatan lainnya . Salah satu peningkatan terbesar dalam penggunaan telehealth adalah pemantauan rumah kondisi oleh pasien yang uji klinis. di Inggris telah ditunjukkan untuk meningkatkan angka kematian oleh sekitar 47 % , namun kasus untuk telehealth masih aktif diperdebatkan , dengan studi terpisah proyek AS menunjukkan telemonitoring terpencil dikaitkan dengan peningkatan mortalitas pada pasien yang rentan . Teknologi telehealth banyak diadopsi untuk melakukan home care. Teknologi audio dan video dapat memfasilitasi pemantauan kesehatan pada pasien di daerah terpencil. Perangkat periferal sering ditempatkan di rumah pasien seperti termometer, sphygmomanometers, dan stetoskop yang tersambung ke peralatan telenurses , telehealth sehingga dapat memonitor tanda-tanda klinis pasien dari jarak jauh . Hambatan dalam memberikan perawatan kesehatan yang berkualitas yang disebabkan oleh factor kondisi geografis dan biaya dapat diminimalkan (Fairchild, Elfrink, Deickman , 2008).

Manfaat Telemedicine
         Manfaat telemedicine mencakup kedalam 3 aspek yang saling terkait satu sama lain yaitu pasien, dokter dan rumah sakit. Manfaat langsung bagi pasien adalah:
• Mempercepat akses pasien ke pusat-pusat rujukan.
• Mudah mendapatkan pertolongan sambil menunggu pertolongan langsung dari dokter-dokter pribadi.
• Pasien merasakan tetap dekat dengan rumah dimana keluarga dan sahabat dapat memberikan dukungan langsung.
• Menurunkan stres mental atau ketegangan yang dirasakan di tempat kerja.
• Menseleksi antara pasien-pasien yang perlu dibawa ke rumah sakit dan pasien yang tidak perlu perawatan di rumah sakit akan tetap tinggal di rumah

 Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Telehealth http://www.fik.ui.ac.id/pkko/files/tugas%20uts%20sim%20rtf.rtf

Pendapat :
            Menurut pendaapat saya, penggunaan telehealth dalam dunia keperawatan dalam dunia yang modern saat ini sangatlah efisien untuk digunakan. karena dilihat dari segi manfaatnya dapat memenuhi aasuhan keperawatan kepada klient selain itu teknologi telehealth memiliki potensi untuk memperbaiki akses pelayanan kesehatan, meningkatkan kualitas pelayanan, mengurangi kesalahan medis, mengurangi biaya kesehatan, dan lebih mendistribusikan informasi kesehatan. selaian memiliki dampak positif, teknologi telehealth juga memiliki dampak negatif baik itu berdampak pada pasien maupun berdampak pada seorang peraawat itu sendiri. misalnya saja peralatan yang membahayakan karena ketidakmampuan perawat dalam menggunakannya, pelanggaran privacy pasien, dan kurangnya sentuhan atau kontak dengan pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar